Sunday, November 11, 2012

Vaksin Hepatitis C Semakin Dekat

Penulis : Lusia Kus Anna | Sabtu, 6 Agustus 2011 | 11:04 WIB

Kompas.com - Kandidat vaksin hepatitis C yang diuji coba pada hewan menunjukkan hasil yang menggembirakan. Keberhasilan ini membawa vaksin hepatitis C pada langkah selanjutnya, yakni pengujian pada manusia sebelum akhirnya bisa dipasarkan.
Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan hepatitis C yang ditularkan melalui darah yang tercemar telah membunuh 350.000 orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Hingga saat ini virus hepatitis C yang menyebabkan kerusakan hati dan juga kanker ini memang belum ada vaksinnya.
Dalam penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Eropa pimpinan David Lkatzmann dari Universitas Pierre et Marie Curie, Paris, tersebut dipakai "partikel mirip virus" untuk membuat vaksin dan diuji coba pada tikus dan monyet.
Partikel mirip virus itu merangsang reaksi sistem kekebalan tubuh dan membantu menciptakan kekebalan. Partikel mirip virus itu sendiri tidak mengandung materi genetik yang akan menyebabkan virus berkembang biak.
Teknik tersebut sebelumnya sudah dipakai untuk membuat beberapa jenis vaksin, salah satunya human papillomavirus yang menyebabkan kanker leher rahim.

No comments:

Post a Comment